16 February 2013

Cerita di balik Salmon, Brokoli & Tomat

Dalam seminggu, salmon selalu jadi menu wajib yang harus ada di meja. Kadang saya pengen bawakan salmon ini untuk bekal sekolah Jihan. Tapi karena banyak duri, jadi pikir-pikir deh..dan ujung-ujungnya harus bikin menu lain lagi untuk obento nya Jihan.

Tapi kemarin, akhirnya saya masukin juga tuh salmon ke dalam obento. Saya suwir-suwir supaya lebih gampang makannya untuk Jihan.


What,s in the box?? Nasi, saya tabur salmon suwir dan wijen hitam, dikasih bunga dari wortel, tamagoyaki (telur dadar gulung), brokoli, tomat & jeruk.

Beberapa bulan terakhir sedang menyemangati Jihan untuk makan sayur hidup-hidup dan setengah hidup, hehehee. Maksudnya sayur yang dimakan gitu aja seperti tomat dan sayur yang cuma direbus setengah matang seperti brokoli dan wortel. Wortel dan brokoli cukup berhasil ditelan walaupun ga bisa langsung banyak, tapi untuk yang tomat ini ternyata masih aja belum disentuh Jihan. Mmm iya juga sih, emak nya juga baru di Jepang mau makan tomat idup2 :D

 Di jepang, brokoli dan tomat ini sering buat cemilan baik untuk anak-anak mau pun orang dewasa. Mereka makan dua jenis sayur itu kayak makan pop corn lho, sekali makan ga cukup satu, dua atau tiga, glekk!!! ketap ketip pas pertama lihat (secara saya ga suka tomat-di jus sekali pun -dari kecil).

Pertama ketap ketip waktu lihat teman sebaya Jihan,blasteran indo Jepang; Naila chan yang dikasih ibunya semangkuk besar brokoli untuk camilan, Wowww!!! Yang kedua ngelihat senseinya Jihan waktu acara main bareng di taman kota bawa cemilan tomat buah kecil-kecil satu kotak buat cemilan selama acara berlangsung. Wali murid lain juga dikasih, termasuk saya, ohh nooo, wali murid lain (orang-orang Jepang) seneng banget pas ditawarin dan makan sambil senyum dan manggut-manggut trus bilang, "Amai ne, amai (manis ya)" Lha sayaaa?? bisa bayangin dunk ekspresi saya yang ga pernah makan tomat (kecuali disambel), asli senyam senyum kecut, secara pantang banget nolak makanan kalau di Jepang.

Kok jadi cerita tomat dan brokoli, hahaaa..ya sudahlah tak apa. Intinya, ayo anak Indonesia semangat makan sayur yaaa, sekarang saya juga sudah berhasil makan tomat idup-idup lhoo, yeeeaayy ^^ masih belum banyak sih, seenggaknya sehari tiga biji :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...