22 February 2013

Puding Jagung Mozaik

Ini puding abal-abal, tapi sudah jadi favorit saya sejak sembilan tahun yang lalu, waktu masih pakai putih abu-abu. Awalnya karena ga sengaja, waktu itu bikin puding atau hunkwe ya saya lupa yang dimasukkan ke loyang berbentuk angka, setelah matang pudingnya mau saya keluarkan dari loyang...ehh trnyata patah, jadi kacau lah pokoknya.


Akhirnya, saya potong kotak kotak asal aja trus dimasukkan ke dalam agar-agar yang baru aja mendidih. Setelah dingin dan dipotong-potong..ehh hasilnya trnyata cantik juga yaa. Dulu nyebutnya puding marmer, tapi makin kesini kalau dilihat-lihat lebih mirip mozaik yah..itu lho motif kotak-kotak yang warna warni.


Kalau lagi males, saya suka buat dua warna aja. Prinsip Pembuatannya adalah puding-puding yang mau dibuat bentuk kotak - kotak kecil harus dimatangkan dulu. Setelah itu baru bikin adonan putihnya, saya biasa pakai agar-agar bening trus dikasih susu dan bikin dua bungkus, tapi bungkus satunya pakai jelly rasa leci, syegeeer.
  
Cara bikin ager-ager standar aja sperti temans smua biasa buat, tapi saya biasa agak dipadetkan dikit teksturnya jadi airnya dikurangi, siapa tau ada yang pengen tau resepnya, ini ya:

1 Bungkus agar-agar/jelly
2 gelas belimbing (ga sampai penuh) air
8 sdt gula pasir
1/2 bungkus acid (untuk jelly)

 Cara:
Campur semua bahan (kecual acid) kemudian masak hingga mendidih.
*khusus untuk jelly, setelah dua menit dari matinya api kompor, masukkan acid, aduk-aduk, tuang ke dalam tempat jelly.

Gampang yaaa..
Selamat mencoba

2 comments:

  1. cantik skli mbk pudingx
    resepx selalu menarik utk di coba
    inovatif n kreatif

    ReplyDelete
  2. makasi mb Dwi Hapsari ^_^
    jadi seneng ada tmn ngobrol di blog sy yg sderhana. Puding ini karena pakai jelly, jadi selain rasanya bs macam2, aromanya wangi juga.

    yuk yuk cobain

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...