01 February 2014

Sweet Roll, 3 Rasa, 30 menit (tanpa telur, tanpa ulen)

Alhamdulillah, semakin hamil tua begini si dede bayi semakin bisa diajak turun ke dapur bikin kue. Ga mual lagi sama bau bahan-bahan kue, tapi...tenaga bundanya yang sekarang makin terbatas. Nah, karena keinginan yang kuat tapi tenaga makin terbatas akhirnya sekarang kalau cari resep yang praktis-praktis ajalah. Setelah nyobain resep japanese bakpao yang super cepet dan lembut versi II (yang pertama sudah pernah saya coba dan tulis resepnya di sini) dari blog mb Pici, saya dapet juga resep roti ekspress. Wuaaah...udah kangen berat bikin roti. Tapi apa daya, homebakery udah g punya, mixer belum ada. perut lagi hamil besar..keinginan bikin roti jadi saya kubur dalam-dalam.

Akhirnya pas kemarin nemu resep ini, saat itu juga langsung saya praktekkan. Mb Pici yang tinggal di Nagano Jepang, karena bisa baca huruf kanji (hebaat!) beli buku resep karya orang Jepang tentang cara membuat roti yang cepat tapi tetap empuk. Menurut tulisan mb Pici, resep ini sudah dicoba sekitar 1000 an orang dan berhasil!

Wah makin semangat deh saya...
Tanpa ngulen, dan waktu yang dibutuhkan dari proses pembuatan sampai manggangnya kurang lebih 30 menit saja. Bener-bener dipangkas habis-habisan...dibanding dengan step pembuatan roti yang asli yang bisa memakan waktu 2x lipatnya bahkan lebih.

Dan...ini hasilnya...


Sebenarnya kalau dibilang pas 30 menit sih ngga juga. Mungkin itu buat yang udah lancar sama resepnya, dan bentuk rotinya juga sederhana, cukup bulet aja tanpa diisi apa-apa. Kalau saya berhubung harus bolak balik baca resep (karena ditulisnya dalam bentuk paragraf jadi saya baca berulang-ulang takut ada yang kelewat) dan dari dulu juga penasaran banget bikin roti yang di-roll terus ditata jadi bentuk bunga..yaah jadinya makan waktu lebih dikit, tapi teteup kurang dari sejam kok.

Oh iya untuk isian, sebenarnya ada selai coklat homemade di kulkas. Tapi berhubung Jihan lagi batuk akhirnya saya oles tipis selai Jeruk yang ada cincangan kulitnya, Keju & atasnya biar manis saya kasih chocochip, jadi kalau dimakan Jihan biar bisa dicabutin tuh coklatnya, heheee..makanya saya namakan sweet roll 3 rasa.

Di proses pembuatan, saya sempet keliru step sih, ragi dan gula yang harusnya dimasukkan sebelum tepung, justru saya aduk jadi satu sama tepung kering dulu seperti step bikin kue biasanya. Tapi ga papa sih, tetep jadi kok kuenya ^_^

Pas mateng, surpriseee banget.  Kalau gini sih ga perlu home bakery lagi, hasil seratnya lebih bagus dari pada pake home bakery malah.


Resep ini, sesuai review mb Pici cocok banget buat yang mau coba-coba dulu atau memang ga pengen bikin banyak (kayak saya, abisnya suka capek bolak balik manggang dan nge bentuknya, heheee..) karena terigunya cuma 100 gram aja..Oiya untuk mempercepat proses fermentasinya, di resep ini dibantu sama microwave. Tapi kata mb Pici sepertinya bisa diganti sama rice cooker kalau di Indonesia masih jarang penggunaan microwave. Kalau saya dan suami sepakat, sepertinya juga bisa diganti dengan panci kukus yang sudah dalam keadaan panas sebelumnya. Nah..kalau ada ibu-ibu yang sudah cobain dan berhasil pakai panci kukus...saya dicolek yaah.

Langsung aja ini resepnya...
Bahan:
100 gr terigu protein tinggi
15 gr gula
10 gr mentega/butter
5 gr ragi kering
70 cc susu cair (kalo musim dingin buat 75 cc)


Untuk cara pembuatannya, saya gabungkan dengan tips dan trik dari buku resep mb Pici yang dijelaskan di resep roti tawar pandan mini ekspress-nya beliau.

Cara Membuat:

1.  Campur susu dan mentega, panaskan dalam microwave 500 watt 30 detik/panci.
2. Masukkan ragi dan gula ke dalam campuran susu, aduk dengan garpu/ whisk hingga tercampur rata.
3. Masukkan 1/3 bagian tepung, lalu aduk lagi dengan whisk hingga benar-benar licin. Point ini perlu diperhatikan agar menghasilkan tekstur kue yang lembut. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini:




4. Masukkan lagi sisa tepung dan aduk (masih dengan whisk/garpu) cukup hingga tercampur dengan rata. Tidak perlu sampai kalis, karena khusus dalam proses pembuatan seperti ini, adonan yang kalis justru akan memperlambat proses fermentasi. Tetapi bila sudah terlanjur kalis, jangan khawatir tambahkan saja 10 menit pada waktu fermentasi. Testur yang disarankan menjadi seperti gambar di bawah ini:


5. Panaskan adonan di microwave/ alat pemanas lain yang sudah saya sebutkan di atas, selama 40 detik, 200 watt.
6. Lalu aduk sebentar adonan selama 30 detik (saya masih tetap pakai whisk).
7. Fermentasikan adonan di dalam oven dengan suhu 37 c selama 10 menit (suhu oven saya paling rendah 40 c, tidak masalah). 10 menit kemudian, adonan mengembang 2x lipat menjadi seperti ini:


8.  Kempeskan adonan & adonan siap dibentuk. sembari membentuk adonan, panaskan oven dengan suhu kurang lebih 230 c selama 10 menit.


9. Oles adonan roti dengan kuning telur/ kalau saya cukup campuran susu cair dan mentega leleh. Panggang dengan suhu 190c selama kurang lebih 17 menit (sesuai oven masing-masing).Setelah matang segeras oles roti dengan mentega agar mengkilap dan cantik.

Dan..wallaaaa..roti ekspres yang empuk siap dinikmati.

* Step by step di atas ada sedikit saya koreksi dan sempurnakan. Tips lain plus resep adonan dobelnya bisa dilihat di Roti Sobek Pandan ya...

*Note terutama untuk saya: Khusus untuk sweet roll, tabur alas untuk menggilas & rollin pin dengan tepung selalu agar tidak lengket. Isiannya juga tidak perlu diisi hingga tepi adonan agar tidak keluar saat digulung.

1 comment:

  1. hai mba Linda Sutrisno...

    insyaAllah boleh-boleh saja mba kalau mau diganti susu kambing, bahkan diganti air pun juga bisa. hanya saja akan sedikit berpengaruh pada kelembutan roti ya..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...