03 March 2013

Perjalanan Si Martabak Telur - Cepat & Hemat

*maaf ya kali ini edisi cukup panjang ^^

Ini pertama kalinya, saya coba resep tiga kali berturut-turut sampai ketemu hasil yang sesuai selera. Biasanya kalau ada yang ga pas, yaah coba lagi lah satu, dua minggu atau bahkan satu bulan kemudian. Tapi khusus untuk martabak telur, saya semangat 45, bukan apa-apa karena ini cemilan favorit ibu. Dan saya pengeeen sekali buatkan martabak yang enak untuk ibu.

 Dulu biasanya saya dan abiJihan atau adik saya suka beli untuk ibu, tapi kalau seperti  sekarang saya sedang di Jepang dan adik kadang harus bolak balik Surabaya-Malaysia siapa ya yang beli martabak, walaupun ada santri di rumah yang bisa dimintain tolong untuk beli lebih baik bikin sendiri kan ya kalau ternyata bisa sama enaknya.

Keinginan saya untuk bikin martabak sempat lama terkubur karena dulu yang saya tahu kulitnya harus direndam dulu di dalam minyak selama 5 jam, ohh tidaaks, Ga ada yang salah dengan cara ini, mungkin untuk mendapatkan hasil yang otentik seperti punya tukang martabak harus gini ya caranya, tapi maapkan saya kurang sabar :(

Dan, alhamdulillah..tiga hari yang lalu Mb Nina Setya Utami posting resep martabak yang gampang tanpa harus ada acara rendam merendam. Wuahh berbinar binar lah mata saya. Besok paginya langsung saya coba. Karena di resep asli takaran airnya kira-kira, jadi saya coba air sebanyak 50ml..ternyata adonannya terlalu encer kulit jadi terlalu tipis dan akhirnya bocor hikss..walaupun rasanya ga jelek-jelek amat tapi masih terasa ini telur dadar biasa. Yasudahlah tak apa, saya sudah menyiapkan hati sejak awal kalau kemungkinan ga langsung berhasil bisa saja terjadi. Sayangnya ga sempet saya foto, bentuknya juga jauh dari bentuk kotak karena pakai telur 3 seperti resep (yang belakangan saya salah paham maksudnya hehe) jadi telurnya mbleberrrr kemana mana hehee..

Malamnya, saya  masih penasaran. Bikin lagi ah, skalian buat lauk karena salmonnya tinggal seiris :D
Kali ini air saya kurangi jadi 30 ml, isinya cuma pakai 1 telur dan sayurmayur saya banyakkan biar lebih padat ga mbleber, teflonnya juga diperkecil jadi yang 20cm aja. Dan..hasilnyaaaa...


Wuaahh berhasil...girang bukan main sampe martabaknya saya foto pas masih panas. Tuh foto yang di bawah keliatan asepnya hehee..

Isinya juga lumayan cantik yaa... udah mirip aja sama martabak suroboyo favorit saya. kalau ada yang mau resepnya ini monggo, mb Nina ambil dari sichishow.blogspot dan saya modif sedikit:
Resep Kulit:
1 sdm tepung terigu
1 sdm tepung kaji
1 putih telur
30 ml air
sejumput garam

Cara:
1. Campur semua bahan dan aduk dengan wisk hingga tercampur rata. kemudian tuang ke dalam teflon yang sudah dipanaskan sebelumnya.
2. Setelah kulit terlihat cukup kering tuang adonan isian di tengah kulit, lipat menjadi bentuk persegi.
3. Kemudian siram minyak dibagian pinggir teflon, goreng martabak hingga kering.

Resep isi ala Bunda Jihan:

*menyesuaikan isi kulkas :D
1/3 isi Tuna kalengan
1 genggam kubis cincang
1 genggam bawang prei
1 sdm bubuk kari (bisa tambahkan bubuk masala bila suka)
1sdt garam
1/2sdt merica bubuk
1 butir telur

Campur semua bahan jadi satu, kocok.

Tapi...waktu makan martabak kedua, saya sambil merem melek merasa dan memperhatikan kulitnya. Agak kurang kriuk ya kalau untuk selera saya dan keluarga, padahal gorengnya sudah lama dan kulit juga sudah coklat. Knapa yaaa, apa karena 1 telur untuk satu adonan sesedikit ini. Dan akhirnya ga sengaja nemu resep kulit martabak di blog mb Ariesta Mikdar Gunawan di Dapur Khayangan yang tanpa telur.

Wuah langsung dah saya konsultasi sama bliau, kata bliau telur itu justru akan menyerap minyak brarti  bikin lebih empuk y kata sy dlm hati...ooohhhh, yang bikin kriuk juga setelah baca2 adalah penambahan tepung maizena. Dan..inilah hasilnya...


Kulit yang kali ini bikinnya kayak bikin kulit sosis solo atau risol, jadi di dadar satu2, trs diisi manual ga di atas teflon. Jadi kalau mau ada sensasi sprti bkin martabak beneran mungkin bisa pake resep sebelumnya. Berikut resepnya yang sudah saya bagi dua kecuali maizenanya tetap saya pakai 1 resep:

Resep kulit:
125gr terigu
1 sdm maizena
275 air
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam

Campur samua jadi satu, dadar, angkat kemudian isi dg isian dan lipat sperti amplop. Goreng.

*Untuk 11 buah.saya pakai teflon kotak utk bikin tamago yaki (telur dadar kotak ala jepang) kurang lebih sama ukurannya dengan teflon bulat ukuran 20cm.


Lega akhirnya bisa eksekusi sampai dapet yang kriuk, trmikasih mb Nina yang bikin sy smangat lagi bkin martabak & bu Ita atas resep kriuknya :)

 Ibu, nanti kalau saya mudik ga usah beli martabak lagi ya, saya buatin sendiri, spesial pake cinta.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...