14 February 2014

Sup Krim Jagung dan Kentang ( Corn and Potato Cream Soup )

Semangkok sup krim untuk sarapan,,nyaamm

Sebenarnya postingan ini sudah lama sekali dibuat sekitar sebulan yang lalu, tapi baru sempat diposting sekarang. Maklum, makin tua kandungan makin agak sulit diajak berlama-lama depan laptop.

Ide untuk bikin sup krim ini muncul saat melihat stok roti prancis/baguette di rumah masih banyak. Awalnya cuma mau bikin sup jagung aja, tapi setelah dibayang-bayangkan kok lebih enak dicampur kentang ya.. Jadi inget bubur favorit Jihan waktu bayi, bubur kentang dan jagung.

Sup Krim ini sebenarnya makin enak banget kalau ada potongan daging asap, sosis, atau pun irisan kecil ayam. Tapi berhubung dia pakai susu, dan saya pernah baca hadits tentang makan sehat ala Rasul yang tidak menganjurkan mencampur daging dengan susu, akhirnya daging saya skip deh. Belakangan, saya dapat ide dari mb Nina, gimana kalau susunya ganti susu kedelai jadi tetep bisa pakai sosis dkk...hmmm iya juga sih, lain kali mari kita coba, gimana rasanya yah.


Untuk tekstur supnya..sebenernya kalau definisi sup itu ya agak encer yaah..tapi kalau saya pengen agak kental dan ada sedikit tekstur kentang plus jagung biar ga terlalu mirip sama makanan bayi, heheee..Tapi ini soal selera aja sebenarnya. Langsung aja ini resepnya.

Bahan Sup:
1 buah Kentang, kukus, haluskan selagi panas (kalau saya; di microwave 500w, 5 menit)
Jagung sisir yang sudah direbus, secukupnya saja
100 ml air kaldu ayam
200 ml krim kental/susu cair
700 ml air untuk merebus
1 buah bawang bombay kecil
2 sdm margarin untuk menumis
Terigu/maizena yang dilarutkan ke air; jumlahnya sesuai selera saja, tergantung kekentalan yang diinginkan
Keju parut
Parsley
Merica
Bubuk Pala
Gula
Garam

Bahan olesan Roti Prancis/Baguette:
Margarin
Bawang putih;geprek/haluskan. Saya; pakai bubuk bawang putih
Parsley cincang

>> Oles roti dengan bahan olesan di atas, lalu panggang di oven atau pun teflon tanpa minyak.
Saya coba juga pakai roti tawar yang kemudian saya potong dadu, ternyata enak juga lho..lebih lembut. Yang jelas, roti yang dipanggang menu yang wajib ada ketika makan sup krim, biar sup lebih bertekstur dan ga eneg.

Cara membuat sup:
1. Blender kentang yang sudah dihaluskan bersama jagung sisir dan krim kental. Sisihkan.
2. Di atas teflon, tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu.
3. Bila menggunakan panci teflon 2 in 1, masukkan air kaldu, adonan kentang dan jagung, air, gula, garam, merica, bubuk pala, aduk rata.
4. Ketika hampir mendidih, masukkan larutan tepung maizena/terigu dengan perlahan, sambil tangan kiri mengaduk cepat. Koreksi rasa. Sajikan bubur dengan taburan keju, parsley dan jagung sisir di atasnya. Nikmati bersama roti prancis yaah..

Have a nice breakfast!




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...