15 June 2013

BurTanTem ( Bubur Ketan Item) ala Abang-abang bubur

Judulnya panjang euy ^_^
Selama di Jepang, saya kangeen banget sama makanan yang satu ini. pas pulang kampung, pucuk dicinta ulam pun tiba, PR Dapur Aisyah bulan Mei kemarin temanya aneka olahan bubur, waaah semangat '45 jadinya. Sayangnya ga sempat ngumpulin ke DA karena satu dan lain hal, tapi..gapapa lah yaa..


Dulu waktu kecil saya suka sekali bubur yang dijual sama abang-abang yang suka lewat depan rumah. Sensasinya itu lho...tekstur buburnya kental tapi lembut dengan rasa manis legit disiram kuah santan encer yang rasanya asin gurih..nyaaaaammm.

Setelah dewasa, barulah saya ngerti, kalau tekstur kentalnya itu didapat dari penambahan tepung terigu atau maizena. Biasanya bubur ketan item ini jadi temen makan bareng bubur kacang ijo yang punya tekstur yang sama. Tapi karena kali ini saya lagi kangen berat sama si item..saya bikin si item aja dulu ^^


Nah untuk resepnya sebenarnya sih pakai ilmu kira-kira ^_^ dan semua saya yakin pasti bisa, karena cuma main rebus aja, nanti kalau beras ketan itemnya udah mulai gendut-gendut dan empuk baru dikasih cairan tepung. Prinsipnya.... tingkat kemanisan si item dinaikkan satu tone (alaaah bahasanya!), supaya nanti pas ketemu sama santennya yang asin gurih. Lagi-lagi kalau dipaksakan ditulis resepnya, seperti ini jadinya:

Bahan Bubur:
100 gr ketan hitam
100 gr gula pasir
800 ml air untuk merebus (boleh dilebihkan)
2 sdm tepung terigu & 3 sdm tepung maizena dicampur dengan air (jumlah tepung sesuai selera)

Bahan Santan:
65 ml santan (bisa pakai satu pack kecil santan instan)
350 ml air
2 sdm gula pasir
1 sdm peres garam
daun pandan

Cara:
1. Rebus air, ketan hitam dan gula pasir hingga masak. Jangan lupa untuk sesekali diaduk supaya tidak lengket di panci.
2. Setelah ketan matang (wajib diicip satu sendok, jangan cuma beberapa butir biar ga ketipu kayak saya, hehe), masukkan cairan tepung sambil mengaduk bubur dengan cepat. Kekentalan bisa diatur sesuai selera.
3. Rebus bahan santan menjadi satu hingga matang.
4. Setelah semua matang, letakkan bubur di mangkok dan siram dengan santan.

Happy cooking....


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...