01 March 2013

Puding Busa Coklat-Part 1

Puding ini dibuat waktu demam hari kedua, udah bosen guling-guling sendirian di kasur, akhirnya angkat panci begitu ngelihat stok agar-agar masih banyak. Pilihan jatuh kepada Puding busa ini, waktu kecil sering makan puding jenis ini, sekarang jadi penasaran pengen bikin sendiri. Dan...sepertinya lidah orang sakit itu ga bisa dibohongi, waktu bikin adonannya sepertinya udah pas aja itu rasanya, begitu mateng ehh ternyata kurang manis. Yasudlah, mari kita siram vla aja ya..vla instan sih mengingat badan belum bener-bener fit, tapi vla favorit keluarga saya itu selalu dicampur sama nata de coco biar ga terlalu eneg. Karena Bapak ibu dan adik-adik saya dulu aslinya bukan pecinta vla2 beginian, akhirnya setiap saya bikin vla selalu saya campur nata de coco...Alhamdulillah makannya jadi lahap haap, lupa kalo itu vla, hihhii..


Seperti biasa, kalau ada embel-embel part-1 di belakangnya itu brarti masih ada yg blm klik, pgn nyoba lagi. Yup, saya belum klik nih sama lapisan agar-agar coklatnya yang jatuh ke bawah. Apa memang begitu ya? Tapi kalau lihat foto-foto puding busa lain kayaknya ngga. Waktu itu saya masukkan agar-agar coklat ke dalam putih telur dalam keadaan panas, apakah karena ini??? Mohon pencerahannya ya buibu dan manteman. Alhamdulillahnya, walaupun penampakannya ada yang belum sempurna alhmdulillah Jihan suka,"Oishiiii ..lagi dunk, Bunda" Yokatta ne..


Resepnya saya adaptasi dari sajian sedap:

Bahan I:
400 ml susu cair ( saya 200 susu coklat 200 air)
35 gram gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk Coklat
15 gram cokelat bubuk (menurut saya kok kurang coklat ya, jd saya tambah jadi 3sdm)
3 putih telur
1/8 sendok teh garam
60 gram gula pasir

Bahan II:
400 ml susu cair
1 bungkus agar-agar bubuk
125 gram gula pasir
1 kuning telur
1/4 sendok teh pasta vanila
*saya pakai puding vanila instan. Resep asli airnya 800ml jadi lembut banget, tp krn sy pgn bikin yg agak padet yg ga disendokin tapi bisa langsung di ambil jadi saya pakai takaran air seperti bikin puding sehari-hari.


Cara membuat:
  1. Bahan I, rebus susu cair, gula pasir, agar-agar bubuk, dan cokelat bubuk sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan rebusan puding sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan.
  4. Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22 cm tinggi 7 cm yang sudah dibasahi air. Biarkan setengah beku.
  5. Bahan II, rebus susu cair, agar-agar bubuk, dan gula pasir sampai mendidih. Matikan api. Masukkan sedikit rebusan susu ke dalam kuning telur. Aduk rata.
  6. Masukkan lagi ke dalam rebusan susu. Masak sampai mendidih. Tambahkan pasta vanila. Aduk rata.
  7. Panas-panas tuang di atas bahan I. Bekukan. 
Antara adonan coklat dan putih, supaya waktu udah mateng ga gampang lepas, maka nuang adonan putihnya harus ketika puding coklatnya masih dalam keadaan hangat jadi bisa nempel. Kalau sudah terlanjur dingin, dapet tips dari mb Henni Savitri Kemis puding coklatnya bisa ditusuk pakai lidi biar adonan putihnya meresap sedikit dan bisa jadi lem. Kalau saya, biar ga gupuh, smua adonan agar-agar sudah saya campur dulu smua jadi jarak memasak antara puding putih dan coklat ga terlalu lama.

Setelah berkonsultasi dengan ibu-ibu di Dapur Aisyah & BerandaSapporo, alhamdulillah sudah ketemu jawaban dari pertanyaan saya. Adonan puding busa saya memisah jadi lapisan dikarenakan mungkin saat memasukkan agar-agar ke dalam putih telur masih belum hilang uapnya atau terlalu panas dan saat mengocok puith telur dan agar-agar saya tambahkan lagi bubuk coklat agar warna lebih gelap. Oleh sebab itu berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan, masukkan agar-agar ke dalam putih telur dalam keadaan hangat dan sudah hilang uapnya, kocok yang lama (sekitar3-5menit) agar-agar & putih telur dengan kecepatan rendah agar turun suhunya, jangan memasukkan bahan lain ketika agar-agar & putih telur sudah dikocok.
Eniwei...selamat mencoba ya..

4 comments:

  1. monggo mba, smg brkenan. kalau agar2 coklatnya ga turun ke bawah kyk punya sy, colek2 saya yak. pgn bljr juga :)

    ReplyDelete
  2. Mb Dwi Hapsari, chocolover ya..

    Ayo cobain juga yg ini :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...